Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seleksi Peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi 2023 Telah Dibuka, Buruan Daftar!

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 18 April 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seleksi Peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tahun 2023 telah dibuka untuk mencari pemuda pemudi berprestasi yang akan menjadi Purna PPAP Utusan Provinsi Kalimantan Tengah 2023.

"Menguasai kebudayaan daerah merupakan salah satu syarat untuk mendaftar, karena akan ada kegiatan seperti malam keakraban sehingga dapat memperkenalkan kebudayaan kita  masing-masing. Kita dari Kalimantan Tengah menampilkan kebudayaan dayak," ungkap Jumriansyah, yang merupakan Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotawaringin Barat (Kobar). 

Kemudian salah satu syarat lainnya yang harus dimiliki adalah skill (kemampuan). Nantinya mereka akan berbagi pengetahuan sesuai keahlian atau kemampuan yang dimiliki oleh pemuda tersebut pada tempat yang sudah ditetapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melalui Dispora Kobar yaitu Provinsi Kalimantan Selatan dan Riau dalam PPAP tahun 2023.  

Pada tahun 2022 Dispora Kobar telah mengirimkan Kusrini Oktaviani, pemuda berbakat bidang ilmu pramuka dari Kotawaringin Lama yang berhasil memenangkan seleksi dan menjadi Purna Utusan Provinsi Kalimantan Tengah 2022 ke daerah penempatan di Papua Barat serta memperkenalkan Coto Menggala yaitu makanan tradisional Kobar. 

Pendaftaran dibuka mulai 24 Maret - 22 April 2023. Lalu akan di seleksi kembali pada 27 - 28 April 2023 dan nantinya akan dicari 1 putri dan 1 putra yang akan menjadi Purna Pertukaran Pemuda Antar Provinsi Utusan Kalimantan Tengah 2023.  

"Yuk ikuti semua kegiatan kepemudaan yang diadakan oleh kabupaten, provinsi maupun nasional kita ada pemilihan pemuda pelopor, ada pertukaran pemuda, pemilihan pemuda berprestasi, pemilihan wirahusaha muda berprestasi, pemilihan pemuda hebat, pemilihan pasangan muda berprestasi dan masih banyak lainnya," ujarnya pada Selasa, 18 April 2023.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online dan offline di kantor Dispora Kobar. Untuk masyarakat khususnya pemuda Kobar yang tertarik dan aktif mengikuti kegiatan kepemudaan serta memiliki keahlian ataupun prestasi dibidang tertentu silahkan daftarkan segera. 

Persyaratan untuk mengikuti seleksi PPAP tahun 2023 ini antara lain: 

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Berusia 16 - 30 tahun

- Mininal pendidikan SMA/Sederajat

- Melampirkan pernyataan bermaterai belum menikah

- Melampirkan pernyataan bermaterai izin orang tua/wali

- Melampirkan surat keterangan atau piagam/organinasi kepemudaan yang pernah diikuti

- Melampirkan surat sehat dan bebas narkoba

- Membuat proposal karya ilmiah

- Mengisi formulir online. (NURITA/H)

Berita Terbaru