Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengguna Medsos Harus Teliti Dulu Sebelum Sharing

  • Oleh Pathur Rahman
  • 20 April 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Kominfo SP) Kota Palangka Raya, mengimbau kepada masyarakat Kota Cantik agar teliti sebelum sharing atau membagikan konten.

Kepala Dinas Kominfo SP Saipullah menyampaikan, tidak hanya konten, apabila masyarakat menemukan berita viral, harap di cek dulu kebenarannya sebelum membagikan kepada orang lain.

"Di zaman industri Fourth Poin Zero (4.0) ini, tentunya kejahatan siber cukup rentan dan tinggi, tidak hanya kejahatan penipuan, potensi adanya informasi hoaks pun bisa muncul," Katanya Kamis, 20 April 2023.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Camat Jekan Raya ini mengungkapkan, ada empat langkah untuk mengenali hoaks, pertama pastikan berita atau informasi dari sumber situs yang legal.

Kedua, periksa fakta berita dengan cara menelusuri data dan cari sumber berita lain untuk memvalidasi fakta, ketiga cek keaslian foto atau video, dengan menggunakan google image revese.

Keempat, masyarakat diminta jangan termakan click bait. " Maka dari itu agar tidak termakan click bait, masyarakat kita minta harus cermat dengan membaca keseluruhan isi berita maupun informasi," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru