Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan WBP Lapas Sambut Lebaran Dengan Suka-cita

  • Oleh ANTARA
  • 23 April 2023 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Padang - Sebanyak 915 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Kelas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjalani Lebaran 1443 H dengan suka cita dari dalam penjara.

"Kami menggelar Shalat Idul Fitri di lingkungan Lapas supaya WBP Muslim bisa turut menunaikan Shalat Ied seperti warga di luar," kata Kepala Lapas Padang Era Wiharto di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan ratusan WBP yang terdiri dari narapidana serta tahanan tampak khusuk melaksanakan Shalat Ied yang digelar di lapangan dalam lingkungan Lapas Padang.

"Selain menggelar shalat berjamaah, kami juga menghadirkan penceramah dari luar untuk memberikan ajaran keagamaan," katanya.

Usai menunaikan Shalat Ied, Lapas Padang langsung menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengurangan masa hukuman (remisi) bagi narapidana yang mendapatkannya.

Total narapidana yang mendapatkan remisi Idul Fitri 1444 H/2023 sebanyak 716 orang, dua orang di antaranya langsung bebas usia mendapatkan remisi.

Besaran pengurangan hukuman yang didapat oleh narapidana penerima remisi bervariasi mulai dari 15 hari hingga dua bulan.

Era mengatakan remisi merupakan hak yang diberikan oleh Kemenkumham kepada para narapidana Haris menjelaskan remisi merupakan hak yang diberikan oleh Kemenkumham terhadap narapidana yang sejauh ini berkelakuan baik.

"Narapidana yang mendapatkan remisi adalah mereka yang berkelakuan baik, taat pada aturan, serta aktif mengikuti kegiatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rutan," jelasnya.

Pihak Lapas berharap remisi yang diperoleh kali ini bisa menjadi motivasi bagi warga binaan agar selalu berkelakuan baik sehingga bisa diusulkan kembali untuk menerima remisi di masa depan.

Berita Terbaru