Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Peran Aktif Kalteng Dukung Pembangunan IKN

  • Oleh Donny Damara
  • 25 April 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter mendorong peran aktif Kalteng dalam rangka untuk mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) baru yakni Nusantara di Kaltim yang saat ini prosesya telah berjalan.

Jimmy mengatakan, adanya IKN di Kaltim tentu secara tidak langsung akan memberikan pengaruh positif bagi Kalteng kedepan. Sehingga, pemerintah di provinsi ini agar dapat mendukung itu dengan juga melakukan pembangunan maksimal di wilayah Bumi Tambun Bungai ini.

"Ketika IKN benar-benar sudah berkembang nantinya maka otomatis Kalteng akan menjadi salah satu provinsi penyangga. Kita ini kan kaya akan sumber daya alam, jadi itu perlu dimaksimalkan untuk mendukung IKN kedepan," ucapnya, Selasa, 25 April 2023.

Dari segi pangan, sebutnya Kalteng memiliki potensi besar terlebih saat ini sudah ada food estate di Kapuas dan Pulang Pisau maupun shrimp estate di wilayah Barat. Dalam hal pengembangan sektor ketahanan pangan itu juga jangan hanya mengandalkan daerah tersebut saja.

"Misal di wilayah DAS Barito, itu juga memiliki potensi dalam hal pangan, jadi perlu juga dikembangkan disana, apalagi wilayah DAS Barito berdekatan langsung dengan IKN, misalnya saja Barito Utara, sehingga untuk distribusi ke IKN sangat dekat," ujarnya.

Di sisi lain, pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan juga perlu dimaksimalkan terlebih untuk menuju IKN. Sebab, adanya infrastruktur memadai akan dapat mendukung kelancaranya distribusi barang maupun jasa ke IKN kedepan.

"Jadi mulai sekarang ini hal itu perlu diperhatikan, pemda di Kalteng harus dapat memulai rencana atau program dalam pembangunan dalam rangka mendukung IKN. Sehingga nanti setelah IKN sudah berkembang dan berjalan semuanya sudah siap," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru