Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menko PMK Tinjau Arus Balik di Pelabuhan Panjang

  • Oleh ANTARA
  • 25 April 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Bandarlampung - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau arus balik di Pelabuhan Panjang, Kota Bandarlampung.

"Kami bersama rombongan melakukan peninjauan arus balik dari Pelabuhan Panjang yang akan menuju Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon," kata Menko Muhadjir Effendy , di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengungkapkan bahwa pada masa arus balik ini, khusus untuk truk angkutan yang naik dari Pelabuhan Panjang akan diturunkan ke Pelabuhan Indah Kiat.

"Kalau waktu mudik truk angkutan dari Ciwandan ke Panjang. Sekarang Ciwandan khusus untuk turun sepeda motor, hal ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan kepada pengendara jauh lebih baik dibandingkan pada arus mudik," ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini pelayanan yang diberikan kepada pengendara di Pelabuhan Panjang sudah cukup baik.

"Hanya memang karena kapal untuk mengangkut truk yang ada ini baru bisa berangkat kalau sudah terisi minimum 150 unit kendaraan, sehingga para sopir pun harus menunggu sampai kapasitasnya terisi untuk menyeberang ke Indah Kiat," kata dia.

Muhadjir pun mengapresiasi kerja sama instansi terkait dalam kesiapan arus balik Lebaran ini, terlebih kepada pengendara yang akan balik ke Pulau Jawa.

"Saya juga meminta kepada pengendara dapat mendengar betul pengumuman dan ketentuan dari pemerintah pada arus balik ini," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, Bapak Presiden Joko Widodo pun sudah menyampaikan agar untuk ASN, TNI/Polri dan pegawai BUMN serta swasta diimbau minta tambahan cuti guna menghindari kemacetan saat melakukan arus balik di waktu dan jam yang sama.

"Kalau kemarin kan cuti bersama, maka dianjurkan menambah cuti, karena masih ada jatah cuti sendiri, sehingga dengan gitu maka tidak usah terburu-buru kembali ke Jawa kecuali mendesak. Dengan demikian kemungkinan terjebak kemacetan akibat dari ramai-ramai pulang dalam waktu dan hari yang sama bisa dihindari," kata dia.

Berita Terbaru