Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkas Pemekaran Kotara Diserahkan ke DPRD Kalteng

  • 17 Maret 2016 - 20:29 WIB

BERKAS kelengkapan pemekaran wilayah Utara Kabupaten Kotim menjadi kabupaten mandiri dengan nama Kabupaten Kotawaringin Utara, sudah disampaikan ke DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (17/3/2016).

Berkas disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli, bersama Komisi I DPRD Kotim dan Badan Pekerja Persiapan Pemekaran Kabupaten (BP3K) Kotara, diterima Komisi A DPRD Kalteng dan Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng, di Palangka Raya.

Menurut Jhon, DPRD Kotim sangat mendukung pemekaran kabupaten tersebut. Sebab, ini merupakan aspirasi yang sudah lama menjadi keinginan masyarakat di wilayah utara. Selain itu, pemekaran juga akan memperpendeng rentang kendali pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

'Makanya hari ini kami menghadap ke DPRD Kalteng untuk merealisasikannya. Persyaratan administrasi yang dibutuhkan di kabupaten induk sudah lengkap,' kata dia, saat dihubungi melalui sambungan telepon genggamnya, Kamis (17/3/2016).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, sebelum dokumen pemekaran Kotara itu diserahkan, DPRD Kotim bersama BP3K Kotara melakukan audiensi dengan Komisi A DPRD Kalteng dan Biro Pemerintahan Provinsi Kalteng.

'Komisi A DPRD Kalteng dan Biro Pemerintahan juga sangat mendukung. Mereka berjanji segera melakukan rapat kerja, setelah itu akan disusun jadwal persetujuan bersama DPRD Kalteng dengan Gubernur Kalteng tentang pemekaran Kabupaten Kotara. Semoga saja prosesnya cepat dan tidak ada kendala' jelas Jhon.

Sementara itu, enam kecamatan yang nantinya memisahkan diri dari kabupaten induk Kotim dan selanjutnya masuk Kotara, yakni Kecamatan Parenggean, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Antang Kalang, Bukit Santuai dan, Tualan Hulu.

Dalam naskah kesepakatan bersama tokoh dari enam kecamatan wilayah utara, disebutkan nama daerah yakni Kabupaten Kotara, dengan nama ibukota yakni Betang Raya.

Lokasi ibukota kabupaten akan ditentukan kemudian. Ada tiga daerah yang digadang-gadang, yakni Parenggean, Kecamatan Parenggean, Desa Sangai, dan Desa Tanjung Jariangau,  Mentaya Hulu.(B-11)

Berita Terbaru