Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Kobar Laksanakan Program PBLHS di Kecamatan Arut Selatan hingga Arut Utara

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 28 April 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang dilaksanakan sejak tahun 2006 hingga sekarang. 

Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (P2KLH) Nurliani menerangkan bahwa program tersebut memiliki tujuan utama selain untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Tujuannya untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan dari anak, jadi kenapa kita fokus pada sekolah, karena mereka ini kan generasi penerus, mereka ini yang kita harapkan nantinya tumbuh dengan kepedulian terhadap lingkungan," ungkap Nurliani, Kabid P2KLH.

Gerakan PBLHS tersebut sudah dijalankan ke berbagai sekolah di Kecamatan Arut Selatan hingga Arut Utara. Melakukan gerakan peduli lingkungan melalui pembinaan, sosialisasi, pendampingan dan sebagainya. 

"Jadi untuk yang di kota sendiri hampir semua sekolah sudah kita lakukan pembinaan, nah makanya ini konsen kami ke kecamatan, tahun kemaren kami ke Pangkalan Lada sama Pangkalan Banteng, jadi kita memang sudah masuk ke kecamatan-kecamatan," ujar Nurliani.

Selain melakukan pembinaan PBLHS di berbagai sekolah dari kecamatan yang ada di Kobar, mereka juga memberikan pendampingan bagi calon sekolah yang mengikuti Program Adiwiyata. 

Program Adiwiyata (Green School) merupakan salah satu program dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan hidup disekitarnya. 

Nurliani menyampaikan, sejak tahun 2016 beberapa sekolah dari Kabupaten Kotawaringin Barat telah mendapatkan penghargaan dari Program Adiwiyata tersebut baik tingkat Mandiri sampai Nasional. 

"Puncaknya kita di tahun 2019 kita dapat Adiwiyata Mandiri dan Nasional dari 10 sekolah yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) 8 sekolah itu Kobar yang meraih, jadi ada 4 mandiri dan 4 nasional," sebutnya.

Sekolah-sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Mandiri tahun 2019 ialah SMA Negeri 3 Pangkalan Bun, SD Negeri 1 Sidorejo, SMP Negeri 1 Arut Selatan dan SMP Negeri 7 Arut Selatan. 

Sedangkan sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata pada tingkat Nasional tahun 2019 adalah SD Negeri 2 Sidorejo, SD Negeri 8 Mendawai, SMP Negeri 2 Pangkalan Lada dan SMPS Pesona Astra. 

Sebelumnya SMA Negeri 1 Pangkalan Bun juga berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Mandiri pada tahun 2017 yang lalu.(NURITA/H)

Berita Terbaru