Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Katingan Hilir Imbau Masyarakat Tak Bakar Hutan dan Lahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Mei 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Polsek Katingan Hilir Polres Katingan mengimbau kepada warga di wilayah hukumnya untuk tidak membakar hutan dan lahan (Karhutla).

Kapolsek Katingan Hilir AKP Eko Priono, Selasa, 2 Mei 2023 menuturkan, jika akhir-akhir ini suhu di wilayah hukumnya terasa panas dibanding sebelumnya, sehingga rawan terjadi karhutla.

Pasalnya sebagian wilayah di Katingan Hilir merupakan lahan bergambut, sehingga saat jarang  turun hujan akan rawan terjadi karhutla terlebih akhir-akhir ini suhu atau panas matahari lebih menyengat dibanding sebelumnya.

Untuk itu, Kapolsek memerintahkan personenya untuk mengajak masyarakat tidak melakukan pembakaran terhadap hutan dan Llahan.

Hal ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar memahami pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan, dengan mengedepankan pendekatan yang humanis.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini menjadi jembatan pemahaman bagi masyarakat.

"Masyarakat harus sadar dan memahami dampak yang akan ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Kapolsek Katingan Hilir AKP Eko Priono, mengingatkan kepada masyarakat apabila tetap terjadi kebakaran hutan dan lahan maka akan dilakukan tindakan tegas berupa penegakan hukum baik menggunakan peraturan perundang undangan ataupun peraturan daerah Kalimantan  Tengah yang mengatur tentang pelanggaran yang ditimbulkan oleh akibat pembakaran hutan dan lahan. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru