Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komoditas ini Mulai Tunjukan Peningkatan Harga di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Mei 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng mencatat ada beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada awal Mei 2023.

Komoditas yang mulai naik adalah komoditas pertanian seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan sayur termasuk juga ikan.

“(Peningkatan harga) dipengaruhi siklus pasokan dan naiknya permintaan,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalteng Taufik Saleh dalam keterangannya saat rapat bersama Pemprov Kalteng di Aula Bajakah, Kamis 4 Mei 2023.

Taufik Saleh menambahkan komoditas lain yang juga mengalami kenaikan adalah emas perhiasan dan rokok filter kretek.

Sedangkan beberapa komoditas yang mengalami penurunan yakni daging ayam, cabai rawit, minyak goreng, telur ayam, serta angkutan udara.

Ia menilai, pengendalian inflasi Kalteng pada momentum Ramadan dan Lebaran 2023 dinilai berhasil, sebab inflasi Kalteng terendah kedua di Kalimantan.

“Diperkirakan tekanan inflasi di Kalimantan Tengah akan menurun pada bulan Mei 2023, dikarenakan normalisasi permintaan masyarakat pasca Lebaran Idulfitri, serta masih berlangsungnya masa panen di sejumlah sentra,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru