Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Hanya Pelat Besi Hilang, Kini Jembatan Kapten Mulyono juga Berlubang

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Mei 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tidak hanya pelat besi yang hilang, Jembatan Sei Mentawa di Jalan Kapten Mulyono, Sampit kini berlubang. Terlihat kayu ulin lepas dari jembatan itu sehingga lubang menganga dan membahayakan pengendara yang melintas.

"Tadinya bautnya lepas mungkin karena dilalui kendaraan terus menerus kayunya bergeser dan jatuh," kata Mugi, salah satu warga Kelurahan Ketapang, Jumat, 5 Mei 2023.

Ia khawatir kendaraan dapat tergelincir dan jatuh saat melintasinya. Terlebih saat malam hari area jembatan tak berlampu, sehingga pengendara tidak dapat melihat lubang itu.

Minimnya penerangan jalan umum (PJU) di area jembatan ini juga dikhawatirkan rawan terjadi kejahatan saat malam hari.

Sebelumnya, Mugi menyaksikan seorang warga mengambil 2 pelat besi jembatan yang sering disebut Jembatan Patah itu. Laki-laki tak diketahui identitasnya mengangkutnya siang hari menggunakan gerobak.

Hilangnya 2 pelat besi itu pun sudah sangat mengkhawatirkan, karena pelat besi dipasang Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Timur Juli 2022 dengan tujuan agar jembatan lebih kuat menahan beban berat akibat sering dilalui truk bermuatan besar.

Kondisi jembatan diperparah karena banyak baut terlepas dan kendor sehingga gesekan kayu terdengar saat kendaraan melintasinya. 

"Kalau dibiarkan terus bisa ada kayu yang lepas lagi makin bahaya nanti," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Timur Kaspul Zain mengatakan pihaknya akan segera melakukan pengecekan jembatan.

"Akan kami lakukan pengecekan dulu karena kami baru mendapat informasi. Untuk pembangunan permanen, tahun ini kami masih membuat perencanaanny," kata Kaspul. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru