Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuaca Ekstrem Tak Pengaruhi Produktivitas Pertanian

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 05 Mei 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Perubahan iklim dan kondisi cuaca kerap kali membuat resah para petani. Sebab, cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin yang deras dapat mempengaruhi keseburan tanaman yang berakibat gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Gofridson diruang kerjanya mengatakan, meskipun kondisi cuaca saat ini telah mengalami perubahan iklim serta memasuki musim kemarau dan terjadinya cuaca panas yang ekstrem bahkan eksistensi hujan yang tinggi. Ia memastikan, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kesuburan tanaman dan kesehatan pada ternak dan tanaman yang ada di kabupaten setempat.

"Saya pastikan tidak akan berdampak bagi ternak dan tidak akan berdampak bagi tanaman, sehingga tidak terjadi gagal panen," ucapnya, Jumat, 5 Mei 2023.

Prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau terjadi saat ini. Namun kondisi cuaca di kabupaten setempat terkadang masih diguyur hujan. Apalagi, sebelumnya petani telah melewati masa panen dan sebagian dari petani sedang proses persiapan lahan.

Ia menambahkan, secara umum kondisi cuaca yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau tidak berpengaruh besar terhadap proses pertumbuhan tanam para petani dan dipastikan ketersedian produksi pangan petani aman melewati musim kemarau tahun ini.

"Saya tegaskan kembali, terkait dengan ketersediaan pangan kedepannya. Saya yakin, akan mampu dan pastinya akan tercukupi,"tutupnya. (TIM BORNEONEWS/H)

Berita Terbaru