Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jajaran Polsek Kapuas Timur Ajak Warga Tidak Tangkap Ikan Secara Ilegal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Mei 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Polsek Kapuas Timur mengajak warga agar tidak menangkap ikan secara ilegal atau illegal fishing di sungai, Jumat, 5 Mei 2023.

Menggunakan spanduk yang berisikan pesan-pesan imbauan, sosialisasi tersebut disampaikan anggota kepada warga di Desa Anjir Mambulau Timur, Kecamatan Kapuas Timur.

Kapolsek Kapuas Timur Iptu Eko Sutrisno melalui anggotanya Aipda Didik mengatakan, kehadirannya di tengah masyarakat dalam rangka mengimbau kepada masyarakat agar tidak menangkap ikan secara illegal karena dapat merusak ekosistem.

"Sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah aktivitas ilegal fishing di Kecamatan Kapuas Timur," katanya seusai kegiatan.

Menurut dia masih adanya oknum masyarakat yang menangkap ikan menggunakan cara-cara yang dilarang seperti penyetruman, racun ikan, pukat dan bom ikan.

"Sehingga sangat berdampak pada berkurangnya populasi ikan secara besar-besaran. Tentunya akan berdampak panjang ke depan," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia juga mengingatkan warga menggunakan alat penangkapan ikan ilegal seperti setrum tersebut cukup berbahaya, karena tidak menutup kemungkinan akan tersengat.

"Kami juga mengimbau untuk menjaga kelestarian lingkungan, jangan menggunakan bahan kimia untuk meracuni ikan di sungai karena dapat mencemari sungai," imbuhnya.

Dia berharap kepada masyarakat yang mengetahui nanti adanya penangkapan ikan secara ilegal untuk seger melapor ke pihak kepolisian atupun polsek. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru