Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDA Kalteng Harus Dioptimalkan Karena Memiliki Potensi Besar

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Mei 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon mengatakan sumber daya alam (SD) yang ada di Kalteng ini mulai dari pertanian, perikanan, maupun hortikultura harus dapat dioptimalkan karena memiliki potensi besar.

Lohing menyebut, pemda harus sebisa mungkin melakukan terobosan yang dapat memaksimalkan setiap potensi berbagai sektor tersebut. Sehingga nantinya, sektor-sektor itu dapat menjadi primadona di daerah sendiri dab juga ketahanan pangan akan semakin kuat.

"Selain itu juga dapat menciptakan kemandirian daerah in, maka dari itu harus ada terobosan untuk memaksimalkannya, sebab komoditas lokal kita di Kalteng ini memiliki potensi yang tebtunya diminati oleh daerah lain," ujarnya, Senin, 8 Mei 2023.

Lohing berharap, pemda jangan hanya memanfaatkan atau mengandalkan program strategis nasional yang ada saja seperti halnya food estate di Kapuas dan Pulang Pisau, akan tetapi ada baiknya juga fokus terhadap pengembangan sektor ketahanan pangan di daerah lainnya yang memiliki potensi.

Di sisi lain, dalam memaksimalkan sektor ketahanan pangan terutama mengembangjan komoditas lokal yang dimiliki Kalteng, juga harus dapat melibatkan peran serta masyarakat, sehingga peluang yang ada, tidak hanya mendorong peningkatan pendapatan daerah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal provinsi ini.

"Tentu kami di DPRD Kalteng sudah banyak melakukan studi banding dengan berbagai daerah, seperti Kalsel untuk perikanan, dan daerah lain untuk sektor lainnya. Jika komoditas lokal kita meningkat kualitasnya dan menjadi primadona di daerah sendiri, maka akan menambah PAD maupun peningkatan perekonomian berkelanjutan," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru