Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan BacalegTelah Tes Kesehatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Mei 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ratusan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Kotawaringin Barat Pemilihan Umum 2024, telah melakukan Medical Check Up (MCU) di Poliklinik Rumah Sakit Sultan Imanudin (RSSI) Pangkalan Bun.

Wakil Direktur Pelayanan RSSI Pangkalan Bun dr. Rita Wey menjelaskan, bahwa pelayanan kegiatan MCU tersebut di mulai pada tanggal 28 April 2023. Dan hingga hari ini sudah ada 300 bacaleg yang menjalani MCU.

"Dalam pemeriksaan MCU bagi bacaleg ada 4 item, yakni pemeriksaan Fisik, Jasmani, narkoba dan Rohani, untuk rohani sendiri ada dua item yakni pemeriksaan Psikologis dan wawancara dengan dokter kejiwaan," kata dr. Rita Wey saat dikonfirmasi Senin, 8 Mei 2023.

Lanjutnya, demi kelancaran pemeriksaan MCU. Maka untuk pelayanannya dibedakan dengan pasien umum. Sehingga, semuanya dapat berjalan dengan lancar serta tepat waktu, termasuk pada proses pendaftarannya pun untuk loketnya dipisahkan.

"Jadi, ada penambahan Poli pelayanan MCU kemudian juga untuk Dokter pun ada penambahan. Kemudian untuk biaya pemeriksaan MCU ditanggung ini oleh masing masing bacaleg sebesar Rp 613.000," sebutnya.

Rita Wey mengungkapkan, bahwa dalam pemeriksaan MCU ini, pihaknya menyiapkan untuk pelayanan 500 bacaleg dati Kobar, dimana batas pemeriksaan sebelum  tanggal 14 Mei 2023.

"Untuk satu bacaleg saja paling lama menjalani MCU bisa dua sampai tiga hari, terutama yang paling lama saat wawancara dengan dokter kejiwaan, karena sesi wawancara ini satu persatu yah tidak bisa di laksanakan secara berkelompok," sebutnya.

Dijelaskan juga, poliklinik RSSI Pangkalan Bun, selain menerima pelayanan MCU bagi bacaleg asal Kobar, juga menerima pemeriksaan MCU bacaleg asal Kabupaten Lamandau, tetapi hanya khusus pemeriksaan rohani saja. 

"Untuk bacaleg Kabupaten Lamandau, yang telah menjalani pemeriksaan Rohani sebanyak 200 orang, untuk waktu pemeriksaan memang kita berikan di atas pukul 14.00 wib, mengingat rumah sakit Lamandau belum memiliki dokter spesialis kejiwaan sehingga pemeriksaan rohani di sini RSSI," sebutnya.

Menurut Rita, setelah semua proses MCU di jalani oleh masing masing bacaleg, untuk hasilnya langsung di serahkan kepada yang bersangkutan. (DANANG/J)

Berita Terbaru