Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Sebagai Upaya Berikan Pengetahuan Calon Tenaga Kerja

  • Oleh Ramadani
  • 10 Mei 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kegiatan pelatihan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara memiliki arti yang sangat penting sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan yang nantinya sebagai pencari kerja ataupun berwirausaha.

Hal tersebut dikatakan Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda, Drs Muhlis pada pembukaan operator komputer muda, menjahit pakaian dengan mesin dan barbershop di aula BappedaLitbang, Selasa, 9 Mei 2023.

Sekda menyambut baik karena pelatihan itu didominasi para anak muda atau kaum milenial. Sebagaimana diketahui, pemuda merupakan generasi milenial yaitu generasi yang lahir dalam rentang tahun 1990 hingga awal tahun 2000.

“Generasi ini tumbuh dan berkembang sekarang di zaman era yang canggih dengan kecepatan teknologi dan akses informasi yang sangat mudah didapat hanya dengan sentuhan di layar smartphone. Generasi milenial juga mempunyai banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya,” kata Muhlis.

Menurut Muhlis, sangat berbeda dengan generasi terdahulu, baik dari segi semangat, motivasi, pekerjaan dan idealisme. Generasi milenial saat ini memiliki ciri khas anak muda yang aktif dan menyukai tantangan dalam mewujudkan mimpinya,

“Mereka bekerja bukan hanya untuk mencari uang, namun proses belajar untuk mencari pengetahuan, pengalaman, keterampilan, relasi dan kesempatan. Generasi millennial selalu mencari hal-hal baru yang disukainya (passion) dan berani beda dengan orang lain,” ungkapnya. 

Sekda mengharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat dijadikan modal sumber daya manusia untuk berwirausaha atau mencari pekerjaan sebagai pekerja yang siap kerja dan siap pakai.

“Dengan demikian akan memberikan dampak kepada sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok ekonomi keluarga dan juga memberikan dampak kepada berkurangnya angka  pengangguran di wilayah Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru