Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terpantau Titik Panas di Kalteng

  • Oleh Pathur Rahman
  • 11 Mei 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berdasarkan hasil pemantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Pusat, saat ini ada sebanyak 141 Hotspot atau titik panas dii Indonesia.

Di mana 51 titik di pulau Sumatera, 55 titik di pulau Kalimantan, lima titik di pulau Jawa, 20 titik di daerah pulau Nusa Tenggara, 15 titik di pulau Sulawesi dan satu titik di daera pulau Papua dan Maluku.

Berkaitan hal tersebut, Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Roland Binery menyampaikan, pihaknya menemukan ada 11 hotspot atau titik panas di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"11 titik Hotspot atau titik panas ini , ada berada tingkat medium atau tingkat berwarna kuning pada peta, info ini akan kami sampaikan kepada Statmet masing - masing daerah," katanya, Kamis, 11 Mei 2023.

Sambungnya, kesebelas hot spot tersebut diantaranya, di Kabupaten Gunung Mas tepatnya di daerah Kuala Kurun satu titik, Kabupaten Katingan daerah Pulau Malam ditemukan tiga titik, Kabupaten Lamandau satu titik.

Kabupaten Pulang Pisau daerah Kahayan Kuala satu titik hotspot, Kabupaten Seruyan daerah Seruyan Hilir satu titik, Kabupaten Sukamara daerah Permata Kecubung satu titik, Kabupaten Kotawaringin Timur daerah Antangkalang, Bukit Santuai dan Mentaya Hulu masing-masing satu titik.

"Kepada daerah yang terdapat hot spot atau titik panas, kami harap siaga dan lakukan pengecekan lahan, karena level titik panasnya ada pada medium, yang tentunya berpotensi terjadinya Karhutla," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru