Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kotim Mulai Laksanakan Manasik Haji

  • Oleh Noor Annisa
  • 11 Mei 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur mulai melaksanakan kegiatan manasik haji untuk calon jamaah haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di wilayah ini.

Peserta yang mengikuti kegiatan manasik sebanyak 184 calon jamaah haji yang terdiri dari Jamaah laki-laki 84 orang dan perempuan 100 orang.

"Kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk betul-betul mengikuti manasik haji ini dengan baik, jika belum faham bisa ditanyakan kepada pembimbing dan selalu menjaga kesehatan mengingat jadwal keberangkatan semakin dekat," pesan Kepala Kemenag Kotim Khairil Anwar, Kamis, 11 Mei 2023.

Menurutnya, pentingnya jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji ditingkat kabupaten maupun nanti di tingkat kecamatan agar setiap calon jamaah haji memiliki kesiapan dan bekal yang cukup dalam ibadah haji nanti.

"Jaga kebersamaan dan kekompakan, semoga bapak dan ibu berangkat dan pulang dengan selamat membawa predikat haji yang mabrur," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa calon jamaah haji berusia lanjut yakni di atas 65 tahun berjumlah 36 jamaah, usia termuda adalah Ahmad Zaini dari Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang berusia 22 tahun dan jamaah tertua Mashuri dari Kecamatan Pulau Hanaut yang berusia 93 Tahun.

Kegiatan pembukaan manasik haji yang dilaksanakan di Islamic Center Jalan Jenderal Sudirman ini dihadiri dan secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati.

Kegiatan manasik haji ini rencananya akan dilaksanakan selama 10 hari, 2 hari untuk tingkat kabupaten dan 8 hari. Adapun materi yang diberikan diantaranya tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah oleh pemerintah yang disampaikan kepala Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah melalui zoom.

Materi lainnya, yaitu tentang kebijakan pemerintahan Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang akan disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Timur. Selanjutnya tentang kesehatan hingga hak dan kewajiban calon jamaah haji dan lainnya. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru