Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Nyatakan Bacaleg 3 Partai ini Lanjut ke Tahap Verifikasi Administrasi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 12 Mei 2023 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur menyatakan bakal calon legislatif (bacaleg) dari 3 partai politik lanjut ke tahap verifikasi administrasi.

"Kami menerima pengajuan bacaleg Kotim untuk pemilu 2024, ada 3 partai hari ini yaitu Nasdem, PDIP, dan PKS. Dari ketiga partai syarat pencalonan sudah lengkap dan sesuai. Tahapan selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi," kata Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, Kamis, 11 Maret 2023.

Tahapan verifikasi administrasi dilakukan 15 Mei 2023 hingga 23 Juni 2023 dan akan melibatkan sejumlah instansi karena ada beberapa dokumen harus di cek keabsahannya. Instansi itu diantaranya Pengadilan Negeri, Polres Kotim, Disdukcapil, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

"Karena ada beberapa dokumen yang diluar kewenangan KPU untuk keabsahannya," ujarnya. 

Dari ketiga partai itu masing-masing mendaftarkan 40 bacaleg dengan keterwakilan perempuan telah terpenuhi minimal 30 persen.

Menurut Siti hingga kini masih ada dokumen bacaleg masih berproses. Namun dirinya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan kemudahan. Mengingat batas waktu pengajuan berkas bacaleg semakin dekat.

"Harapan kami dari 18 partai yang ada menggunakan kesempatan untuk bakal calonnya," demikian Siti. (DEWI PATMALASARI/H)  

Berita Terbaru