Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KORMI Kobar Sosialisasi Olahraga Tradisional Guna Tingkatkan Interaksi Sosial dan Pelestarian Budaya Lokal

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 12 Mei 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) mendampingi Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam kegiatan Sosialisasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pangkalan Bun. 

KORMI memiliki tiga komisi yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga tantangan dan petualangan serta termasuk juga olahraga tradisional. Dalam hal tersebut, KORMI sebagai pendamping kegiatan sosialisasi sebagai induk olahraga rekreasi karena olahraga tradisional adalah salah satu komisi yang ada didalamnya. 

"Pada komisi olahraga rekreasi tradisional disitu itu juga punya misi untuk melestarikan budaya terutama di kalangan anak-anak muda sekarang, kemaren kita lagi gencar nih mulai dari pelajar bahkan kalau bisa dari kecil sudah mengenal olahraga tradisional," ujar Ketua KORMI, Imada Faila Shova,S.H.,M.Kn. 

Kegiatan Sosialisasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pangkalan Bun yang berlangsung selama 9 sampai 10 Mei 2023. Ketua KORMI Kobar menyampaikan kegiatan olahraga tradisional memiliki banyak manfaat. 

"Tidak hanya sekedar pelestarian budaya, tapi juga membangun kemampuan sosial pada anak-anak. Sekarang anak-anak banyak main gadget, banyak main gadget menjadikan anak anti sosial terus tidak banyak bergerak akhirnya banyak obesitas dan sebagainya pada anak-anak sejak usia dini," katanya. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan olahraga tradisional tersebut dapat membangun interaksi sosial pada para pelajar selain juga menelestarikan budaya lokal yaitu dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Olahraga tradisional terdiri dari banyak permainan. Tetapi pada dua sekolah tersebut olahraga tradisional telah dijadikan ekstrakulikuler yang rutin dilaksanakan oleh siswa-siswi seperti balogo, bagasing dan menyumpit. (NURITA/H)

Berita Terbaru