Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Ajak Instansi Setempat Gotong Royong Cegah DBD

  • Oleh Riska Yulyana
  • 12 Mei 2023 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Lantaran kasus DBD di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir hingga hari ini mencapai 10 kasus, pihak Puskesmas setempat langsung turun tangan.

"Hari ini kami melaksanakan gotong royong dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kami meminta bantuan kepada instansi lintas sektor agar menggerakkan pegawainya untuk melakukan gerakan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD di wilayah kerja Puskesmas Tampang Tumbang Anjir," ujar Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Nevi Ervina, Jumat, 12 Mei 2023.

Gerakannya yakni 3M Plus, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas.

"Serta Plus yakni mencegah perkembang biakan nyamuk dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, menaburkan bubuk abate ke dalam penampungan air, memasang kawat kasa pada ventilasi, tidak menggantung banyak pakaian dalam kamar dan lainnya," jelas Nevie.

Pihaknya juga berkeliling ke rumah warga untuk membagikan bubuk abate serta memberikan sosialisasi bagaimana cara menggunakannya dan juga memberikan imbauan terkait bagaimana cara mencegah DBD.

"Kami harap, dengan adanya gotong royong tersebut bisa membantu mencegah DBD di lingkungan sekitar puskesmas Tampang Tumbang Anjir," tukasnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir untuk selalu waspada, lakukan 3M Plus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. (RISKA YULYANA/R)

Berita Terbaru