Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pos Satkamling Menjadi Percontohan Peran Serta Masyarakat Menjaga Keamanan Lingkungan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 13 Mei 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Sanggul Parningotan Lumban Gaol, meresmikan Pos Satkamling di RT 08 RW 02 Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat, 12 Mei 2023.

Pos Satkamling ini menjadi percontohan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

"Kami berterimakasih atas partisipasi masyarakat di RT 08 RW 02 Baamang Barat, semoga ini menjadi contoh bagi RT yang lain," kata Gaol. 

Dirinya berharap, keberadaan Satkamling ini membangkitkan kembali masyarakat peduli keamanan lingkungan. Sebab rasa aman itu bermula dari diri sendiri.

"Harus dibina kekompakkan masyarakat oleh masing-masing RT. Bahwa setiap RT memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kotim AKBP Sarpani mengatakan Pos Satkamling yang berdiri di Jalan Tidar 4 ini sebagai pionir yang harus dikembangkan, karena ini wujud partisipasi masyarakat.

"Saya harapkan seluruh penjuru dapat merawat apa yang telah dimiliki agar tumbuh dan tidak pudar serta menjadi percontohan untuk tempat lain agar dibuat seperti ini," kata AKBP Sarpani. 

Menurutnya, revitalisasi penting artinya dihidupkan kembali simbol masyarakat untuk peduli keamanan lingkungan, tidak hanya bangunan yang bagus.

Wilayah Kecamatan Baamang merupakan kawasan padat penduduk dengan 5 kelurahan dan 1 desa. Sehingga membutuhkan perhatian khusus dari segi keamanan. Untuk itu Sarpani menyambut baik atas diresmikannya Pos Kampling di Baamang Barat yang telah dilengkapi pendingin ruangan untuk memberikan kenyamanan bagi petugas jaga itu. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru