Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Waspada Kejahatan Siber

  • Oleh Pathur Rahman
  • 13 Mei 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Tantawi Jauhari mengimbau kepada masyarakat  agar waspada dengan adanya kejahatan siber.

"Jaman saat ini semakin berkembang dan semakin canggih, teknologi selain membantu memudahkan pekerjaan masyarakat, ternyata juga bisa dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan," Katanya, Sabtu 13 Mei 2023.

Lebih lanjut legislator yang membidangi pemerintahan dan keuangan ini menyampaikan, tidak hanya masyarakat, bahkan beberapa pejabat daerah dan kepala dinas pun tidak luput dari sasaran kejahatan siber.

Contohnya beberapa akun Media Sosial (Medsos) pejabat diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab, selain itu ada juga beberapa oknum penipu yang membuat akun WhatsApp palsu mengatasnamakan pejabat.

Untuk mencegah hal tersebut, tentunya masyarakat harus memiliki pengetahuan yang baik di dunia digital atau siber, dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat tentang literasi digital secara baik dan aman.

"Jangan sembarang memberikan email, nomor HP, Password dan data - data bersifat pribadi ke orang yang tidak dikenal, karena bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab menjadi sarana kejahatan siber," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru