Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Akan Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Mei 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berencana menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan dalam waktu dekat.

“(Pemprov dan Forkopimda) sepakat untuk menetapkan status siaga darurat bencana karhutla yang penentuan tanggal berlakunya akan disampaikan dalam waktu dekat,” ungkap Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, Ahmad Toyib saat rakor pekan ini.

Ia mengatakan penetapan status dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau dan el-nino tahun 2023.

Sekaligus sebagai langkah mengamankan agenda internasional dan nasional dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Penetapan status bencana kebakaran hutan dan lahan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota didukung Pemerintah Provinsi dan pihak terkait lainnya,” ungkapnya.

Ahmad mengatakan penetapan akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Satgas Penanganan Darurat Bencana dan mengaktivasi Pos Komando Tingkat Kabupaten/Kota.

Di sana akan dilengkapi dengan Pos-Pos Lapangan di daerah-daerah dengan tingkat kerawanan tinggi kebakaran hutan dan lahan. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru