Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Serentak 77 Desa di Kotim Digelar September 2023

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 15 Mei 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur secara resmi mengumumkan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 77 desa yang akan dilaksanakan pada, 23 September 2023.

"Kita tetapkan InsyaAllah 23 September 2023, sebagai hari H atau hari pemungutan suara sesuai ketentuan surat keputusan bupati," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Senin, 15 Mei 2023.

Sesuai ketentuan yang menetapkan tanggal pemungutan suara adalah bupati dengan keputusan. Maka Halikinnor menetapkan 23 September menjadi libur daerah agar seluruh lapisan masyarakat menggunakan hak suaranya secara maksimal.

"Jadwal pemilihan ini kita majukan sesuai dengan hasil konsultasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, serta agar tidak menggangu jadwal pemilihan umum 2024," ujarnya.

Sesuai surat edaran menteri dalam negeri, Halikinnor meminta Kepala DPMD, Raihansyah, membuat Surat laporan kepada gubernur kalimantan tengah bahwa Kabupaten kotawaringin timur melaksanakan pemilihan Kepala desa pada tahun 2023.

Sebelumnya, pemerintah memberikan kelonggaran bagi daerah untuk melakukan pilkades atau mengundurnya karena berdekatan dengan pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun Halikinnor enggan menundanya agar layanan masyarakat tidak terganggu. 

"Karena masa jabatannya habis kita harus melaksanakan pilkades atau menunjuk pelaksana tugas dari kalangan ASN. Namun di desa-desa itu ASN masih terbatas guru dan tenaga kesehatan. Masa jabatannya 2 tahun, saya tidak ingin mengganggu itu," demikian Halikinnor. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru