Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejabat Gubernur Jadi Irup HUT Kapuas

  • 21 Maret 2016 - 19:56 WIB

DALAM rangka Memperingati Hari Jadi ke-210 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-65 Peme'rin'tah Kabupaten Kapuas, maka diselenggarakan upacara bersama di Stadion Panunjung Tarung, Senin (21/3/2016).

Pejabat Gubernur Kalteng, Hadi Prabowo selaku inspektur upacara. Ikut hadir Anggo'ta' DPRD Kalteng, Anggota DPD RI Muhammad Mawardi, Wakil Gubernur terpilih, Habib H Said Ismail, dan Forkopimda provinsi.

Rangkaian upacara diawali dengan persembahan lagu dan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Kapuas, menyanyikan Mars Kalimantan Tengah 'Makmur Jaya' dan disertai rangkaian upacara pokok lainnya.

Upacara diakhiri dengan penampilan tari manasai dan tari nusantara. Selain diada'kannya upacara bersama, rangkaian peringatan HUT Kapuas juga melaksanakan acara kunjungan ke pameran foto di GOR Panunjung Tarung, acara adat laluhan dan acara adat mangarunya.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, berkenaan dengan konsep perencanaan pembangunan yang efektif maka pemerintah pusat mulai tahun anggaran 2017 melakukan perubahan paradigma, jika dalam perencanaan pembangunan yang selama ini dengan paradigma anggaran mengikuti fungsi, maka ke depan harus berubah menjadi dana mengikuti program prioritas.

Dia mengatakan pula dengan demikian maka tidak semua fungsi akan disediakan anggaran jika tidak memiliki target capaian dan program prioritas yang terukur.

Oleh karena itu dia berharap agar mulai sekarang pimpinan semua SKPD provinsi dan kabupaten/kota mampu menyusun program dan kegiatan yang terukur dan menjadi program prioritas daerah serta nasional yang dapat mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

'Kita patut bersyukur bahwa hasil pembangunan di Kalimantan Tengah pada umumnya dan kabupaten/kota dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Tugas kita adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan serta memanfaatkan hasil pembangunan itu dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng,' katanya. 

Ia mengungkapkan guna mencapai visi pembangunan nasional 2015'2019 maka Pemerintah Jokowi'JK telah menetapkan 9 agenda prioritas pembangunan nasional yang disebut dengan Nawa Cita.

Maka dari itu, ia menegaskan, tugas semua pihak adalah bagaimana mendukung dan melaksanakan Program Nawa Cita dengan baik dan benar melalui sinergi program dan kegiatan antara pusat dan daerah.

Ia mengimbau kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu melakukan review atau penyesuaian dalam dokumen RPJMD Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagaimana RPJMN 2015-2019.

'Apresiasi dan penghargaan patut saya sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas beserta jajaran atas kesungguhannya dalam pelaksanaan pembangunan yang berhasil dengan baik terutama dalam pelaksanaan pembangunan pelayanan dasar yaitu pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, dan tata ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta urusan sosial. Pembangunan yang dicapai harus menjadi pemicu untuk lebih giat membangun Kabupaten Kapuas.' (JM/B-6)

Berita Terbaru