Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien BPJS Kesehatan Bisa Lakukan Kemoterapi di RSUD dr Murjani Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 Mei 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Mulai Juni 2023, pasien BPJS bisa melakukan kemoterapi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit. 

"Insyaallah per 1 Juni 2023 pasien BPJS bisa terlayani untuk kemoterapi. Jadi tidak perlu ke Palangka Raya," kata Pelaksana tugas Direktur RSUD dr Murjani Sampit Sutriso, Rabu, 17 Mei 2023.

Hal ini ia katakan saat memberikan sambutan apel pagi dalam rangka penyerahan sertifikat akreditasi paripurna di halaman RSUD dr Murjani, Sampit.

Dirinya mengatakan, Deputi BPJS hadir untuk memberi ijin operasional peserta BPJS supaya mendapatkan layanan kemoterapi di RSUD dr Murjani. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut mendukung upaya ini dan menyarankan agar perijinan dipercepat. 

"Alhamdulillah didukung Menteri Kesehatan, mereka menyarankan supaya dipercepat," ujar Sutriso.

Biaya kemoterapi cukup mahal karena perawatan kanker berkelanjutan hingga bertahun-tahun. Sehingga RSUD dr Murjani Sampit mendorong BPJS untuk memberikan ijin, sebab tanpa ijin itu pasien BPJS tidak akan tercover. 

Layanan kemoterapi sudah dibuka di RSUD dr Murjani sejak tahun 2022. Selama ini hanya menampung pasien umum dengan biaya Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per paket. Rata-rata pasien kemoterapi 1-2 orang setiap bulannya yang di dominasi pasien kanker payudara.

"Ada pasien kemo rata-rata 1-2 orang dalam satu bulan tetapi karena kanker ini termasuk penyakit berat, jadi paketnya lama perlu bertahun-tahun. Sehingga jika ada BPJS ini dapat membantu mereka," demikian Sutriso. (DEWI PATMALASARI)  

Berita Terbaru