Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendikbud: Pendidikan Guru Penggerak Ciptakan Suasana Belajar Nyaman

  • Oleh ANTARA
  • 18 Mei 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) melatih para pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aman bagi peserta didik.

“PGP bertujuan mendorong guru-guru agar menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa aman, nyaman, dan bahagia bagi para peserta didik,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani di Jakarta, Rabu.

PGP sendiri merupakan pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar di sekitarnya sehingga Merdeka Belajar bagi peserta didik.

Saat ini PGP telah masuk ke angkatan delapan yang diikuti oleh sebanyak 11.386 peserta reguler dan 344 peserta rekognisi sehingga totalnya menjadi 11.730 guru.

Direktur KSPS Tendik Praptono jumlah peserta PGP sebanyak 11.730 guru merupakan tahap pertama karena nantinya akan ada tahap kedua pada Juli dengan target 9.000 peserta sehingga total di angkatan ini menjadi 20.000 guru.


Sementara itu, sampai saat ini program PGP sudah selesai sampai angkatan kelima sedangkan angkatan keenam dan ketujuh sedang dalam proses di tahap akhir pendidikan.

“Jumlah total lima angkatan itu adalah 24.038 Guru Penggerak dan secara bertahap akan diangkat jadi kepala sekolah dan pengawas sekolah,” kata Praptono.

ANTARA

Berita Terbaru