Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Sukamara Minta Desa Sediakan Mesin Pompa Air Dalam Cegah Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Mei 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara meminta agar desa bisa menyediakan mesin pompa air untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran. 

Sehingga apabila terjadinya kebakaran di desa yang jaraknya cukup jauh bisa diantisipas terlebih dahulu olen Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada diwilayah tersebut sebelum kebakaran meluas. 

"Yang diperlukan dari desa adalah bantuan untuk menyediakan mesin pompa pemadam kebakaran," kata Kepala BPBD Sukamara, Agus Mulyanto, Kamis, 18 Mei 2023.

Menurut dia, apabila kebakaran yang terjadi berada jauh dari jangkauan BPBD maka bisa terlebih dahulu ditangani lebih awal oleh tim yang ada diwilayah tersebut sebelum kebakaran meluas.

"Apabila lokasi kebakaran jauh dari kita maka MPA bisa langsung turun tangan melakukan penanggulangan, sebab kalau menunggu petugas maka dikhawatirkan kebakaran sudah menjalar kemana mana," ujar Agus.

"Sehingga ini penting  apabila desa bisa menyiapkan pompa Damkar agar kebakaran yang terjadi bisa dicegah lebih dini sebelum meluas," tambahnya. 

Kepala BPBD Sukamara tersebut menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah atau meminimalisir terjadinya karhutla di tahun 2023, seperti melakukan patroli rutin kewilayah rawan karhutla,  peningkatan sosialiasi dan edukiasi kepada masyarakat. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru