Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara: Pemeriksaan BPK Masih Ada Temuan

  • Oleh Ramadani
  • 19 Mei 2023 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kalteng telah berkenan melakukan audit terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022 melalui pemeriksaan interm yang dilaksanakan pada 26 Januari sampai dengan 24 Pebruari 2023 dan pemeriksaan terinci (substantif) yang dilaksanakan 16 Maret 2022 sampai dengan 14 April 2023.

“Dalam pemeriksaan itu masih terdapat temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti demi perbaikan ke depan,” kata bupati Nadalsyah usai penyerahan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) di kantor BPK RI Kalteng, Jumat, 19 Mei 2023.

Dikatakannya, selama dalam proses audit tersebut, mulai dari entry meeting, exit meeting, sampai dengan penyerahan hasil audit. “Apabila terdapat tanggapan yang kurang dan menjadikan tidak berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata dia. 

Menurut Bupati yang akrab disapa H Koyem ini, diraihnya opini WTP atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah merupakan kerjasama tim yang solid dari seluruh stakeholder dan perangkat daerah yang mau bekerja dengan keras penuh dedikasi dan loyalitas untuk memberikan yang terbaik dalam mengelola keuangan daerah. 

“Oleh karena itu saya selaku kepala daerah memberikan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah beserta jajarannya atas kinerja serta integritasnya dalam mendukung kami selaku kepala daerah untuk melaksanakan dan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan transparan dan akuntabel sehingga laporan keuangan pemerintah daerah yang kita susun dan sampaikan bisa kembali mendapatkan opini WTP,” ucap H Koyem. 

Selanjutnya, kata H Koyem, dalam menindaklanjuti temuan-temuan tersebut pihaknya telah menyusun rencana aksi (action plan) yang dalam implementasinya mohon bimbingan dan arahan dari BPK agar tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu. 

“Sekali lagi mewakili seluruh kepala daerah yang hadir perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI beserta jajaran yang telah bekerja keras melaksanakan proses pemeriksaan ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/J)

Berita Terbaru