Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kotim Segera Jemput Bola Atasi Persampahan di Perumahan Warga

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 Mei 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur segera melakukan jemput bola untuk mengatasi sampah rumah tangga di perumahan warga. 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera 10 tosa kita datang," kata Kepala DLH Kabupaten Kotim, Machmoer, Jumat, 19 Mei 2023.

DLH Kabupaten Kotim akan mengerahkan 10 tosa itu di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang.  Masing-masing kecamatan akan ditangani oleh 5 tosa pengambil sampah.

Sebelumnya, saat melakukan penyerahan kendaraan tosa di SDN 3 mentawa Baru Hulu, Machmoer mengatakan pihaknya akan mulai melakukan layanan pengambilan sampah perumahan dan perkantoran tahun ini.

"Sementara di 2 kecamatan dulu," ujar Machmoer. 

Layanan ini merupakan perwujudan Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2018 tentang retribusi daerah. Disebutkan dalam pasal 5 huruf b, dipungut retribusi sebagai pembayaran atas pelayanan persampahan/kebersihan yang disediakan atau diberikan Pemerintah Daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat digunakan/ dinikmati oleh orang pribadi atau Badan. 

"Karena itu objek retribusi akan kita laksanakan tahun ini. Kita terlambat tapi tidak apa-apa. Mudahan dengan peningkatan PAD bisa kita memberikan prasarana lagi," demikian Machmoer.

Masalah persampahan di daerah ini cukup menjadi sorotan. Meskipun di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang telah ditetapkan hukum adat bagi pembuang sampah sembarangan, namun wilayah itu masih perlu solusi pengambilan sampah.

Sementara di Kecamatan Baamang, kawasan Terowongan Nur Mentaya menjadi sorotan karena warga terus membuang sampah di lahan kosong yang rencananya akan dibangun kantor kecamatan meski tanda larangan buang sampah sudah dipasang. Camat Baamang,  Sufiansyah mengatakan perlu ada petugas pengambil sampah di perumahan warga karena wilayahnya cukup padat. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru