Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Pulang Pisau Wacanakan Bangun Rumah Sakit Pratama di Banama Tingang

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 19 Mei 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan atau Dinkes Pulang Pisau punya wacana membangun Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Banama Tingang.

Kepala Dinkes Pulang Pisau dr Pande Putu Gina melalui Kabid PSDK Lambang Suncoko mengatakan, Rumah Sakit  Pratama merupakan rumah sakit yang mempunyai fasilitas dan pelayanan tingkat pratama dan spesialis dasar penyedia perawatan kelas tiga dengan memberikan pelayanan rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat.

Merujuk pada peraturan Dirjen Nakes bahwa RS Pratama tersebut, minimal berjarak sekitar 3 km dari BLUD RSUD Pulang Pisau dengan luasan lahan 3 hektare. Dari kriteria ini di Banama Tingang sudah bisa dibangun rumah sakit tipe lain.

"Saat ini kami berencana membangun RS Pratama di Bawan Kecamatan Banama Tingang dan dengan wacana ini, kedepannya dapat memfasilitasi masyarakat yang jauh dari RSUD dengan fasilitas kesehatan yang lengkap," ucap Lambang.

Namun imbuh dia, wacana tersebut sampai saat ini masih dalam proses pengusulan. Namun secara administrasi surat tanah dan luasan lahan sudah mencukupi.

"Dengan harapan tahun 2024 mendatang sudah bisa terealisasi," katanya.

Kedepannya dengan adanya RS Pratama yang saat ini sedang diperjuangkan bisa membantu masyarakat yang jauh dari RSUD sehingga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. (M PRADILA KANDI/J)

Berita Terbaru