Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Penyebab Kobar Gagal Mempertahankan Adipura ke-13 Tahun 2022

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 20 Mei 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Adipura sebagai kota kecil terbersih berturut-turut hingga ke-12 kalinya. Namun, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat tidak berhasil mempertahankan penghargaan Adipura ke-13 kali. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar melalui Nurliani, Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (P2KLH) mengatakan, ada beberapa kemungkinan mengapa Kota Manis Pangkalan Bun tidak mendapatkan penghargaan tersebut pada tahun 2022.

"Mungkin kondisi kebersihan kota kita saat penilaian mungkin kurang ya dari sisi kebersihan karena penilaian Adipura ini banyak unsur yang dinilai," katanya pada Jumat, 19 Mei 2023.

Menurutnya, dalam penilaian Adipura tersebut tidak hanya melihat dari satu unsur saja tetapi penilaian dilihat dari semua aspek, termasuk peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

"Ada unsur-unsur pendukung misalnya peran serta masyarakat, sejauh mana peran masyarakat terkait kebersihan itu sendiri ada poin atau penilaiannya," ujarnya. 

Ia juga mengatakan, bahwa kemungkinan bencana alam, banjir yang menimpa kota Pangkalan Bun pada tahun 2022 yang lalu dapat mempengaruhi penilaian Adipura oleh Kementrian Lingkungan Hidup. 

Kemudian, Nurliani menambahkan bahwa stakeholder turut berperan penting dalam menjaga kebersihan kota tidak hanya DLH Kobar dan masyarakat saja tetapi semua orang perlu menjaga kebersihan lingkungan bersama-sama. 

"Sinergitas antara stakeholder sangat penting, makanya kami berharap bantuan dari kelurahan, kecamatan,  untuk mengedukasi masyarakat karena kebersihan kepentingan bersama," pungkasnya. (NURITA/Y)

Berita Terbaru