Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Dukung dan Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan Lewat Sekolah Penggerak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Mei 2023 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mendukung dan berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan melalui program sekolah penggerak.

Hal itu disampaikan Asisten I Setda Kapuas, Ilham Anwar setelah diadakannya Forum Pemangku Kepentingan Daerah atau FKPD Kabupaten Kapuas program sekolah penggerak angkatan 1 dan program sekolah penggerak angkatan 2 di kantor Dinas Pendidikan Kapuas.

"Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya untuk kemajuan pendidikan. Yang terkait dengan apa apa baik prasarana pendidikan silahkan dilakukan usulan melewati Bappeda ke Pemkab Kapuas," kata Ilham, Rabu, 24 Mei 2023.

Menurut dia sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang program sekolah penggerak sebagai pengganti keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan menyatakan bahwa tujuan program sekolah penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Kemudian, juga menjamin pemerataan kualitas pendidika melalui program peningkatan kapasita kepala sekolah yang mampu memimp satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas.

Juga menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah pemerintah daerah, maupun pusat. 

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, intervensi pada tingkat satuan pendidikan dilakukan dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sekolah, yaitu kepala sekolah dan guru melalui pelatihan dan pendampingan. 

"Kami selaku pemerintah daerah tentunya sangat mendukung program sekolah penggerak ini. Salah satu bentuk dukungan yang kami lakukan diantaranya dengan menerbitkan payung hukum berupa Peraturan Bupati Kapuas nomor 104 tahun 2022 tentang program sekolah penggerak," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru