Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Berikan Pemahaman Terkait Sistem Pengelolaan APBDes

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Mei 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma menilai masyarakat harus diberikan pemahaman terkait sistem pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) agar pembangunan desa bisa lebih dimaksimalkan.

Dia mengatakan, salah satu upaya yang bisa dimaksimalkan pemerintah yaitu dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) secara berkelanjutan, agar pengelolaan dan pelaporan kegiatan dana desa dapat dipertanggungjawabkan dengan benar, serta dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pembangunan desa.

"Masyarakat harus bisa memahami bagaimana mengelola APBDes dengan baik, karena hal itu berkaitan dengan pembangunan desa kedepannya. Ini juga yang menjadi usulan yang disampaikan masyarakat Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kapuas saat kami reses kesana," ungkapnya, Rabu, 24 Mei 2023.

Selain itu, masyarakat setempat juga mengharapkan adanya upaya pemerintah daerah untuk memfasilitasi pembuatan peraturan desa yang bisa mengatur angkutan jalan masuk dan dalam desa di wilayah setempat.

Disisi lain, diharapkan juga pemerintah bisa memfasilitasi adanya kerja sama antara masyarakat desa setempat dengan investor dalam pengelolaan lahan masyarakat, melalui penyediaan teknologi cocok tanam benih atau dengan teknologi lainnya dengan pola bagi hasil.


"Dengan kerja sama itu diharapkan masyarakat tidak harus menjual lahan mereka. Selain itu, masyarakat juga mengusulkan pengadaan alat peracik sampah plastik, sehingga memudahkan warga mengolah sampah sebagai upaya lebih untuk menambah penghasilan," tandaanya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru