Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Kades di Kecamatan Dusun Timur Deklarasi Damai Pilkades Serentak

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Mei 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 45 calon kepala desa serta panitia pilkades se-Kecamatan Dusun Timur di Kabupaten Barito Timur melaksanakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2023 di aula kantor camat  setempat, Jumat, 26 Mei 2023.

Deklarasi damai tersebut disaksikan Camat Dusun Timur, Kapolsek Dusun Timur serta Danramil 1011-04 Tamiang Layang Letda Inf H Abdul Rahman. Turut hadir memantau kegiatan tersebut Kapolres Barito Timur, Asisten I Sekda dan Kalaksa BPBD Damkar Barito Timur, Pabung Kodim 1012 Buntok, Kabagops Polres Barito Timur dan Kasat Sabhara Polres Barito Timur.

Camat Dusun Timur Nina Marissa dalam sambutannya menjelaskan, seluruh desa di Kecamatan Dusun Timur yang berjumlah 16 desa melaksanakan pilkades serentak. "Dari 45 calon kepala desa yang berkompetisi dalam pilkades serentak ini, terdapat 12 orang calon kepala desa dari petahana," paparnya.

Nina menjelaskan, sejak tanggal 25 Mei 2023 para calon kepala desa petahana tersebut telah mengajukan cuti selama seminggu ke depan dan digantikan sementara oleh sekretaris desa sebagai pejabat (Pj) kepala desa.

Dia meminta para calon kepala desa agar benar-benar memperhatikan jadwal tahapan berikut yakni kampanye pada tanggal 28-30 Mei 2023 dan pencoblosan pada 3 Juni 2023.

"Mohon semua calon kepala desa mematuhi jadwal kampanye dan masa tenang serta mengikuti pemilihan secara jujur dan adil, jangan sampai ada kecurangan yg bisa membatalkan pilkades," pesan Nina.

Kapolsek Dusun Timur Iptu Kuslan menambahkan, deklarasi damai pilkades serentak bertujuan untuk membuat komitmen bersama dalam upaya menciptakan pilkades yang aman tertib dan lancar serta mendukung siapapun yang nanti akan terpilih sebagai kepala desa.

"Netralitas panitia harus diutamakan, sekalipun memiliki hubungan keluarga dengan calon tertentu tetap harus jaga netralitas," tegasnya.

Kuslan juga berpesan agar para panitia pilkades tetap bersemangat meskipun terdapat berbagai kekurangan dalam penyelenggaraan pilkades serentak. Demikian juga para calon kepala desa agar menjaga ketertiban dan kondusivitas pada semua tahapan dan memberikan teladan yang baik kepada pendukung masing-masing.

"Untuk kampanye yang mengumpulkan orang banyak atau mendatangkan artis harus membuat izin keramaian ke polsek agar dapat dipantau karena keberhasilan pilkades serentak ini akan menjadi tonggak pemilu 2024," ujarnya.

Berita Terbaru