Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Maksimal Beri Perhatian Terhadap Sektor Kesehatan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Mei 2023 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta pemda di Kalteng melalui instansi terkait supaya dapat maksimal dalam memberikan perhatian terhadap sektor kesehatan terutama di wilayah pelosok.

Dia mengatakan, sektor kesehatan di Kalteng ini masih belum maksimal diperhatikan oleh pemda, pasalnya banyak fasilitas kesehatan seperti UPT puskesmas maupun puskesmas pembantu (pustu) yang dalam kondisi memprihatinkan keadaan sarana yang tidak layak serta minim petugas kesehatan.

"Ketika reses kita sering menjumpai itu dan menerima aspirasi langsung dari masyarakat, misalnya saja seperti di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Disana banyak desa yang fasilitas kesehatan kurang memadai serta kekurangan bahkan tidak ada petugas lesehatannya," ungkapnya, Jumat, 26 Mei 2023.

Dirinya pun menyayangkan hal itu banyak terjadi, padahal sudah berapa puluh tahun Indonesia merdeka dan sudah 66 tahun usia Kalteng sektor kesehatan masih banyak yang kurang diperhatikan, sehingga ia mendorong pemda agar benar-benar memperhatikan hal tersebut.

"Kita ingin persoalan pada sektor kesehatan di wilayah Kalteng ini bisa diselesaikan dan benar-benar diperhatikan, saya rasa tidak hanya di Dapil Kalteng I saja ada hal demikian tapi di Dapil lainnya juga mengalami hal serupa, apalagi di wilayah pedesaan itu pasti masih ada fasilitas atau sarana kesehatan yang tidak memadai," ucapnya.

Sektor kesehatan merupakan salah satu diantara hak dasar masyarakat yang harus dapat dipenuhi oleh pemerintah. Maka pemerintah memiliki kewajiban memenuhi hal terdebut, perhatian jangan hanya diberikan pada wilayah-wilayah tertentu saja misalnya perkotaan akan tetapi secara merata hingga pelosok pedesaan.

"Pembangunan itu harus sebisa mungkin dilakukan seimbang, jangan hanya memperhatikan di wilayah tertentu saja. Pemerintah wajib mewujudkan keadila sosial itu sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Karena upaya mensejahterakan masyarakat itu harus dilakukan secara luas dan merata," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru