Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasa Pencucian Sarang Burung Walet Berpotensi Tingkatkan PAD

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Mei 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya gedung walet yang berdiri di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mulai dari perkotaan hingga pedesaan, maka sudah seharusnya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sri Lestari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar dari Fraksi Partai Gerindra mengatakan, hasil dari sarang burung walet dari Kobar juga sangat besar, meski demikian belum mampu mendongkrak pendapatan asli daerah.

"Sektor pertanian dalam arti luas ini begitu banyak dan berpotensi, tinggal bagaimana pemerintah daerah Kobar membuat kekuatan hukumnya untuk mendongkrak PAD, sebab selama Ini telah banyak diri produk hilirisasi dari komoditi baik dari kelapa sawit, sarang walet maupun karet," kata Sri Lestari, Selasa, 30 Mei 2023.

Politisi Partai Gerindra ini juga  mengharapkan, pemerintah daerah Kobar berani dan berinovasi dalam meningkatkan pendapatan daerah, dengan membidik hasil dari komoditi yang berkembang di wilayah Kobar. 

Misalnya saja dari komoditi sarang walet, selama ini pengusaha sarang walet, untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik, melakukan pencucian sarang walet di Jawa Tengah (Semarang), padahal jika di Kobar di sediakan jasa Pencucian Sarang Burung Walet tentunya akan menambah PAD. 

"Kami melihat hal itu peluang besar untuk PAD, selain mampu menyerap tenaga kerja lokal, tapi dikobar sendiri belum  ada greget yang mengarah kesana, padahal pencucian sarang walet ini akan menambah PAD," ungkap Sri Lestari. 

Lanjutnya, peluang membuka jasa Pencucian Sarang walet ini, pemerintah daerah bisa menggandeng investor atau menjadi unit usaha pemerintah, hal itu tentunya nasih perlu kajian dan kesepemahaman semua pihak. 

"Ini peluang besar untuk PAD, karena berdasarkan informasi biaya pencucian sarang walet ini antara Rp  1,5 juta/kg hingga Rp 1,9 juta /kg, tergantung tingkat kesulitan, peluang ini bi sa dikelola BUMD maupun koprasi dibawah naungan dinas yang membidangi usaha tersebut," imbuhnya.

Sebab menurutnya, sarang walet yang telah melalui proses pencucian, bisa mencapai puluhan juta /kg nya, dan hal ini merupakan salah satu komoditas ekspor andalan, mengingat saat ini permintaan dunia akan makanan bernilai gizi tinggi itu pun meningkat. (DANANG/J)

Berita Terbaru