Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Instruksikan OPD Selidiki Penyebab Harga Daging Ayam Naik

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 31 Mei 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menginstruksikan Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Pertanian untuk selidiki penyebab naiknya harga daging ayam broiler di daerah ini. 

"Perlu mempelajari masalahnya dulu karena kalau kita langsung mengadakan pasar penyeimbang atau pasar murah tetapi tidak tau penyebabnya tidak akan berpengaruh," kata Halikinnor, Rabu, 31 Mei 2023.

Apabila hasil temuan di lapangan menunjukkan dengan adanya pasar penyeimbang atau pasar murah akan berdampak pada psikologis harga daging ayam broiler maka pihaknya tidak akan ragu menggelar pasar itu. 

"Jangan sampai kita menggelontorkan dana untuk pasar penyeimbang tapi tidak memberikan pengaruh terhadap tingginya harga daging ayam, kan sia-sia," tegasnya. 

Biasanya Kotim mendapatkan pasokan dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Sumber pasokan ini harus dipelajari. Apakah produksi di Sampit ini menurun atau faktor pakan. Perlu kajian teknis untuk mempelajari itu.

"Kalau memang perlu ada pasar penyeimbang atau pasar murah kita akan lakukan. Tetapi harus berdampak. Kalau tidak ada dampak,  kita buang-buang dana apalagi ini sifatnya hanya sementara waktu," demikian Halikinnor. 

Sebelumnya, berdasarkan pantauan borneonews.co.id, Selasa, 30 Mei 2023, harga daging ayam broiler di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) mengalami peningkatan yang semula harga Rp 48 ribu menjadi kisaran harga Rp 53 ribu hingga Rp 55 ribu. Sementara pedagang mengklaim harga normal daging ayam broiler berada dikisaran Rp 38 ribu. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru