Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Empat Tanda Gizi Anak Sudah Baik

  • Oleh Pathur Rahman
  • 01 Juni 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BLUD UPT Puskesmas Pahandut dr Muhammad Rizal mengajak masyarakat Kota Palangka Raya, untuk mengenali empat tanda asupan gizi anak sudah baik.

Tanda pertama, berat badan dan tinggi badan anak sesuai dengan usianya, contohnya pada usia 12 bulan, bayi laki-laki, berat badan ideal bisa mencapai 7,8 sampai 11,8 Kilogram (KG) dengan tinggi 71 sampai 80 sentimeter.

Sementara untuk bayi perempuan dengan usia 12 bulan, berat badan idealnya berada pada kisaran 7,1 sampai 11,3 KG dengan tinggi badan 69 sampai 79 sentimeter. Tanda kedua anak tidak gampang sakit.

"Apabila pada usia anak tinggi badan dan berat badannya tidak ideal, harap orang tua bisa mengunjungi dokter gizi di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat untuk melakukan konsultasi," katanya, Kamis, 1 Juni 2023.

Lanjutnya, tanda ketiga asupan anak sudah baik ditandai dengan punya nafsu makan yang baik, sedangkan untuk tanda keempat, anak cenderung aktif dan lincah dalam beraktivitas sehari - harinya.

"Ingat apabila tinggi dan berat anak tidak sesuai atau kurang dari kata ideal, atau mengarah pada Stunting, cepat konsultasikan dengan Fasyankes terdekat atau ke BLUD UPT Puskesmas Pahandut," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru