Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Terus Berupaya Menambah Kuota Haji

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 02 Juni 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus berupaya agar kuota jemaah haji di daerah ini bertambah. 

"Saya sampaikan kepada Kepala kementerian Agama dan juga Pemda bagaimana melobi agar kuota kita bisa bertambah," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Jumat, 2 Juni 2023.

Dia mengatakan, penambahan kuota haji dapat dipertimbangkan melalui daftar tunggu per kabupaten se-Kalimantan Tengah. Apabila daftar tunggu banyaka maka perlu penambahan kuota haji.

"Bisa dilihat daftar tunggunya kalau Kotim paling banyak harus menjadi pertimbangan provinsi untuk  kuotanya ditambah," ujarnya.

Disamping itu, tahun ini Kabupaten Kotim mendapatkan 20 kuota haji tambahan namun baru terpenuhi 8 orang. Karena sifatnya mendadak ada beberapa jemaah calon haji masih terkendala. 

"Kalau jemaah calon haji kita hanya terkendala anggaran bisa saja kita komunikasi ke bank. Supaya bank bisa menutupi itu tetapi bunganya ditanggung pemerintah daerah," kata dia. 

Ini upaya pemerintah daerah membantu warga yang memiliki niat menjalankan ibadah haji. Namun Halikinnor menambahkan, sepanjang regulasi memungkinkan dan selama tidak melanggar aturan maka bantuan demikian akan diberikan. 

"Tetapi kalau melanggar aturan tidak bisa, walaupun niat pribadi saya sebagai kepala daerah seperti itu. Tetapi bila aturan tidak boleh berarti tidak," demikian Halikinnor. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru