Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kobar Terjunkan Tim Investigasi Tindak Lanjuti Dugaan Limbah Cemari Sungai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Juni 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat (Kobar) menerjunkan tim melakukan investigasi pencemaran sungai yang diduga dari limbah sebuah perusahaan di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng.

Kadis DLH Kobar, Fitriyana mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim dan sudah melakukan verifikasi lapangan pada Jumat, 2 Mei 2023 lalu. Dalam upaya itu, juga telah mengambil sampling di tiga lokasi.

"Ada tiga lokasi yang kita ambil sampling, pertama karena sungai ini merupakan air baku PDAM wilayah Pangkalan Banteng, maka pertama kita ambil di lokasi PDAM tersebut, kemudian di tengah, kemudian di hulu sungai yang berjarak 7 km dari pembuangan limbah (milik perusahaan)," kata Fitriyana.

Diungkapkannya, hasil verifikasi di lapangan, memang ada pencemaran. Yang mencolok itu dari warna dan kemunculan aroma tidak sedap. "Untuk sampling ini pertama akan diuji di DLH Kobar, kemudian di Lab Mutu Agung. Dari PDAM juga mengambil sampling yang sama, akan diuji di Labkesda," tuturnya.

Kemudian, kata dia, dari pihak perusahaan di wilayah setempat juga sudah mengakui terjadinya luberan pada pembuangan limbah tersebut. Adapun tindaklanjutnya, sementara ini masih menunggu hasil lab dari Mutu Agung. Kemudian nantinya dijadikan pedoman investigasi dugaan adanya kelalaian.

"Permasalahan ini tentu kita tindak lanjuti dengan profesional, dengan hasil investigasi dan bukti lab kemudian dirapatkan dengan Pemprov dan Kementrian KLHK. Terkait sanksi, tentu seberapa berat pelanggaran yang terjadi," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru