Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Sebut Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Penting

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Juni 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak menyebut upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di Kalteng setiap tahun ketika musim kemarau tiba sangat penting.

Menurutnya, sinergitas baik itu antara pemda bersama dengan pihak terkait lainnya seperti TNI, Polri, Basarnas maupun organisasi kemasyarakatan dan lain-lain perlu diperkuat. Sehingga, karhutla di wilayah Kalteng ini dapat tertangani dengan optimal.

"Tentu kita sangat mengapresiasi upaya keras pemda bersama pihak terkait menanggulangi karhutla di provinsi ini. Dari tahun ke tahun karhutla di Kalteng menurun berkat sinergitas itu, dan ini patut dipertahankan maupun ditingkatkan," ucapnya, Selasa, 6 Juni 2023.

Selain itu, adanya rencana Pemprov Kalteng untuk menambah anggaran penanganan karhutla, ia mengakui sangat mendukung hal tersebut. Sebab, dengan adanya anggaran memadai maka penanganan karhutla dapat dilakukan dengan maksimal.

"Tentu kami di DPRD siap mendukung jika memang dibutuhkan penambahan anggaran untuk penanganan karhutla. Pada dasarnya Kalteng jangan sampai dianggap lemah dan tidak mampu menanggani karhutla, makanya kita harus buktikan bahwa daerah ini mampu demi nama baik," ujarnya.

Dikatakannya bahwa, bencana kabut asap ketika karhutla terjadi tentu sangat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial ekonomi hingga kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, bencana karhutla perlu ditangani secara dini dan cepat agar kabut asap tidak terjadi lagi di provinsi ini.

"Inilah alasannya kenapa kami di DPRD selalu siap mendukung jika memang diperlukan penambahan anggaran itu, dan apabila memang harus melalui PABD perubahan 2023 kami siap saja mendukung. Ini tentu untuk kebaikan daerah dan juga masyarakat secara umum," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru