Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Seruyan Hulu Dorong Pengembangan Usaha BUMDes

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 06 Juni 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Camat Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, Malikul terus berupaya  mendorong dan memacu pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) pada setiap desa di wilayah kecamatan setempat.

“Kita terus berupaya mendorong setiap desa di wilayah Seruyan Hulu  dalam mengembangkan BUMDes nya, dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan desa,“ kata Malikul, Selasa, 6 Juni 2023

Ia menyampaikan, saat ini ada dua desa di wilayah Seruyan Hulu yang mulai melakukan terobosan dalam pengembangan usaha BUMDes yakni Desa  Tumbang Kalam dan Desa Tusuk Belawan

Keduanya mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar  untuk  memasok kebutuhan warga sekitar dan pihak perusahaan yang berada di wilayah setempat.

Desa Tumbang Kalam sudah mulai melakukan usaha budidaya ikan  air tawar  dengan kolam buatan, sedangkan Desa Tusuk Belawan mengembangkan usaha budidaya ikan di kemas wisata desa dan kebun sayuran.

“Kami berharap pengembangan usaha ini,  bisa menjadi percontohan bagi  BUMdes lainnya,  namun  tetap memperhatikan peluang dan terus menjaga keberlangsungan usaha  yang dikembangkan,“ urainya.

Adanya pengembangan usaha pada setiap desa melalui BUMDes di harapkan dapat memacu semangat masyarakat, mendorong peningkatan ekonomi  dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki setiap desa.

“Mudah-mudahan pengembangan usaha BUMDes setiap desa di wilayah Kecamatan Seruyan Hulu bisa berjalan dengan baik dan pada gilirannya akan menghantar pada peningkatan pendapatan dan kemajuan desa,“ tukasnya. (FAHRUL/J)

Berita Terbaru