Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan di Timpah Lakukan Patroli Cegah Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Juni 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Personel Pos Lapangan yang tergabung dalam Satgas Pengendali Kecamatan Timpah melaksanakan patroli cegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Aruk, Kecamatan Timpah pada Rabu, 7 Juni 2023.

Tim Gabungan dari personel Polsek Timpah, Koramil 1011-09/Timpah, UPT – KPHP Kapuas Hulu Unit X dan Unit XII Dinas Kehutanan dan MPA (Masyarakat Peduli Api) Desa Timpah dan Desa Danau Pantau Kecamatan Timpah.

Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono, melalui Kapolsek Timpah Iptu Sugeng Prayetno menerangkan upaya penangulangan bencana Karhutla Polri bersinergi dengan TNI, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan dan instansi terkait bersama sama membentuk Tim.

“Yang pertama masalah Karhutla tentu ini menjadi atensi semua stakeholder. Tim Gabungan Siaga Karhutla Kecamatan Timpah selalu siap siaga bila ada titik hot spot, baik itu yang terbaca di aplikasi dan informasi yang diperoleh dari masyarakat," kata Iptu Sugeng.

Dijelaskannya, patroli gabungan Pos Lapangan Satgas Pengendali Kecamatan Timpah tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan cara menyambangi dan memberi arahan kepada masyarakat agar sadar akan dampak bahaya terjadinya kebakaran.

"Apalagi lokasi dekat pemukiman warga. Sekaligus pengecekan embung air menghadapi musim kemarau," ucapnya.

Pihaknya akan terus memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya membakar lahan dan hutan, mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar namun alangkah baiknya gunakan cara bergotong royong.

"Sehingga dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain selain itu juga pelaku pembakar hutan dan lahan akan dikenakan sanksi pidana sesuai hukum yang berlaku," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru