Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Kapuas Rawan Terjadi Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juni 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas rawan terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan dari peta rawan bencana yang sudah pihaknya buat ada beberapa wilayah yang rawan.

"Dari peta rawan bencana yang sudah kita buat ini diantaranya berada di Kecamatan Timpah, Mantangai, Kapuas Timur, Kapuas Murung, Dadahup, dan sebagian wilayah Kapuas Hilir serta Basarang," kata Panahatan Sinaga kepada wartawan usai Rakor pengendalian Karhutla, Kamis, 8 Juni 2023.

Karenanya, lanjut dia kerjasama dan koordinasi seluruh stakeholder terkait dan seluruh lapisan masyarakat sangat penting dalam mencegah terjadinya karhutla.

Mencegah kerawanan bencana tersebut, pihaknya juga sudah membentuk desa tangguh bencana di wilayah Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas.

"Karena dulu ini menjadi momok bagi kita di dua desa rawan karhutla. Sehingga, saat ini sudah dibuat (Desa tangguh bencana) yaitu di Desa Tarung Manuah dan Desa Batuah," ucapnya.

Kemudian, di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung juga sudah ada desa tangguh bencana. "Harapan kita ini akan jadi kepanjangan tangan BPBD dalam menangani bencana. Bukan hanya karhutla tapi lainnya juga. Dan harapannya bisa membantu desa sekitar," harapnya.

Kabupaten Kapuas sudah ditetapkan ke dalam status Siaga Darurat Bencana Karhutla selama 90 hari terhitung mulai tanggal 17 Mei hingga 14 Agustus 2023. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru