Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cerita Pemilik Rumah Terdampak Ablasi Sungai Kahayan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 08 Juni 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satu unit rumah milik warga di Jalan Ahmad Yani, Gang Sepakat, Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terdampak ablasi Sungai Kahayan. Dari cerita pemilik, dampak itu berlangsung cepat. Bahkan, rumahnya kini telah ambruk.   

“Rumah saya terkena ablasi terjadi pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 lalu. Kemudian puncak rubuhnya rumah pada Rabu, 7 Juni 2023 dini hari,” ungkap pemilik rumah, Alen, Kamis, 8 Juni 2023.

Dia menuturkan, posisi rumah awalnya miring. Kemudian setiap harinya papan lantai dan kayu penopang rumah terangkat. Setelah itu, rumah kian hari semakin menjorok ke pinggir sungai hingga akhirnya rubuh dan bagian belakang rumah sampai ke Sungai Kahayan,

Dia melanjutkan, pada Sabtu lalu, terdengar suara patahan kayu atau paku tercabut. Saat terdengar suara tersebut, ia dan istri langsung memindahkan seluruh barang dari dalam rumah.

Selanjutnya, dirinya melihat bahwa bagian belakang rumah yang pertama kali miring, lalu bagian depan rumah sudah terangkat cukup tinggi. Ia dan keluarganya kini tinggal di barak yang tak jauh dari rumahnya. Hal tersebut dilakukan agar bisa memantau rumahnya yang terdampak ablasi.

“Tidak ada korban, karena kami sudah antisipasi untuk pindah dan memindahkan barang-barang yang ada di dalam rumah ke tempat yang lebih aman, Kalau dijumlahkan, mungkin total kerugian yang saya alami sebesar Rp 70 juta, karena dihitung dari harga seng dan kayu ulin yang digunakan harganya mahal saat ini,” pungkasnya. (PATHUR/Y)


TAGS:

Berita Terbaru