Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas akan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Cek Kesiapan Hadapi Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Juni 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD rencananya akan melaksanakan apel gelar pasukan kesiapan hadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan, selepas apel juga untuk Posko lapang maupun induk akan didirikan.

"Rencananya Rabu, 14 Juni 2023 kami apel gelar pasukan setelah mereka provinsi dulu melaksanakan," katanya, Jumat, 9 Juni 2023.

Sinaga menjelaskan bahwa tujuan apel gelar pasukan untuk melihat indeks ketahanan daerah Kabupaten Kapuas dalam menghadapi bencana, bagaimana sarana dan prasarana.

"Baik itu dari sisi personel dan SDM yang mumpuni melakukan atau menggunakan alat yang ada," ucapnya.

Sebelumnya, ia juga mengajak seluruh stakeholder terkait agar bersama-sama bergandengan tangan, mengedukasikan kepada masyarakat supaya terhindar dari bencana Karhutla.

Mengingat, lanjut dia berdasarkan prakiraan BMKG kondisi cuaca di wilayah Kapuas diprediksi semakin ekstrem di desarian bulan Juni sampai dengan desarian II di September 2023. Dengan puncak ekstremnya berada pada bulan Agustus dan desarian II bulan September 2023. 

"Nah ini informasi yang perlu kita pahami bersama. Tentunya terima kasih atas sinergitas antara TNI, Polri, instansi terkait, masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, PBS dan relawan, mari kita bergandengan tangan menghadapi Kapuas supaya terhindar dari Karhutla," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru