Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUA Pulau Petak Bersama Lintas Sektor Berikan Bimbingan Pranikah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Juni 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak bersama dengan lintas sektor memberikan bimbingan perkawinan pranikah.

Sebanyak 30 pasang calon pengantin (Catin) mengikuti kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah atau sering disebut Bimwin di Aula KUA Kecamatan Pulau Petak.

Kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Agama RI, berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam tentang petunjuk teknis bimbingan perkawinan bagi Catin.

Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak, Supiani mengatakan tujuan pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi catin untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada catin agar lebih siap mental dalam membangun dan membina keluarga.

“Sesuai petunjuk teknisnya, Binwin ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam membangun keluarga sakinah," kata Supiani, Jumat, 9 Juni 2023.

Lebih lanjut, Pemateri Bimwin disampaikan oleh Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas bekerjsama sengan instansi instansi lintas sektoral yakni Puskesmas Sei Tatas serta dari Penyuluh Fungsional Agama Islam Musa.

Kepala Puskesmas Sei Tatas, Agat menyampaikan kesehatan reproduksi juga berperan penting bagi catin agar terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem, fungsi, serta proses reproduksi, persiapan kehamilan dan pantau tumbuh kembang harus benar-benar diperhatikan.

“Setelah menikah sepasang suami istri tidak lepas dengan kebutuhan biologis, oleh karena itu organ reproduksi dipastikan harus sehat untuk mempersiapkan keturunan yang berkualitas. Juga harus dipersiapkan jarak kelahiran antara anak pertama dan berikutnya,” ucap Agat.

Diharapankannya setelah kegiatan Bimwin Mandiri ini para calon pengantin siap menghadapi masalah dalam berumah tangga sehingga mampu menurunkan angka perceraian di masa mendatang. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru