Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala RPH Sebut Palangka Raya Masih Aman dari PMK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Juni 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Rumah Potong Hewan atau RPH Kalampangan, Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno mengatakan bahwa hingga saat ini Kita Cantik masih aman dari penyebaran penyakit mulut dan kuku atau PMK yang di daerah lain sudah menyebar.

"Sampai saat ini di Kota Palangka Raya masih aman dari Penyakit Mulut dan Kuku. Terlebih Puskeswan juga terus gencar melakukan vaksinasi PMK," kata drh Ganjar kepada Borneonews pada Minggu, 11 Juni 2023.

Hal ini juga berlaku pada hewan kurban yang masuk ke Kota Palangka Raya. Menurut drh Ganjar, lalu lintas hewan untuk sapi sudah dijaga ketat sejak dari daerah pengiriman hingga masuk ke Kota Cantik.

"Hewan kurban yang masuk ke Kota Palangka Raya tetap divaksinasi, meskipun dari daerah asal hewan kurban memang sudah aman karena ada surat jalan, sudah divaksin dan sudah dikarantina," jelas drh Ganjar.

Dokter hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya ini menambahkan bahwa nantinya sebelum hari raya kurban, atau sekitar H-10 sampai H-7 juga akan dilakukan pemeriksaan hewan kurban.

"Nantinya tim akan mendatangi depo penjual sapi kurban untuk memeriksa dokumen dan fisik sapi dan juga hewan kurban lain. Apabila hewan kurban memenuhi syarat maka langsung diberikan label sebagai penanda kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Jika tidak maka label tidak diberikan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru