Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Anggaran untuk Sektor Pendidikan Ditingkatkan

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Juni 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi meminta supaya anggaran pada sektor pendidikan khususnya untuk wilayah Kalteng bisa ditingkatkan oleh pemerintah di provinsi ini.

Dia mengatakan anggaran pada sektor pendidikan perlu ditingkatkan tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) bisa dilakukan secara optimal melalui sektor tersebut.

"Dengan adanya anggaran sektor pendidikan saat ini, kami menilai masih belum memberikan dampak signifikan, khusunya pada peningkatan sarana maupun fasilitas pendukung pendidikan itu. Jadi ini perlu untuk diperhatikan," ujarnya, Selasa, 13 Juni 2023.

Diungkapkannya bahwa, anggaran pendidikan dari APBD Kalteng saat ini, itu berkisar kurang lebih 28 persen. Ia menilai, anggaran ini sangat minim dan masih belum mampu mendongkrak kemajuan pendidikan di wilayah Kalteng secara merata, sehingga perlu ditambah.

"Saya rasa 28 persen itu hanya untuk memenuhi syarat perundang-undangan saja yaitu minimal 20 persen. Kalau anggarannya minim pastinya masih belum mampu mendongkrak atau membuat sektor pendidikan di wilayah Kalteng ini maju," tuturnya.

Menurutnya, apabila ingin sektor pendidikan di provinsi ini maju dan pembangunanya pun bisa dilakukan merata setidaknya pemda dapat menyiapkan anggaran lebih dari 28 persen. Minimal anggaran untuk pendidikan itu yakni berkisar 30 atau 40 persen.

"Menyiapkan anggaran memadai untuk pendidikan itu tidak ada salahnya, karena ini sangat penting. Nah, jika anggaran memadai maka peningkatan sarana maupun fasilitas pun bisa juga dilakukan secara merata. Pendidikan inikan ujung tombak untuk meningkatkan SDM," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru